Fitur Android yang sering dilupakan by Juliah Utami

juliah utami android

 

 

 

 

 

 

Sistem operasi Android telah berkembang sangat pesat terutama sejak kemunculan versi 2.xx (yang dimulai dari Eclair hingga Gingerbread) yang kemudian disusul oleh Honeycomb. kemajuan OS Android semakin cerah terutama ketika google memutuskan untuk meleburkan flatform ponsel dan tablet dalam satu versi bertajuk Ice Cream Sandwich. Begitu banyaknya fitur yang disematkan oleh Google ke OS terbarunya yang kini sudah sampai versi 4.2, sehingga membuat para pengguna Android kerap melupakan beberapa fitur berharga yang sebetulnya sangat bermanfaat untuk penggunaan sehari-hari.

1. Mengambil screenshot

berikut ini merupakan kombinasi tombol yang harus anda tekan secara bersamaan ketikan anda ingin mengambil screenshot pada ponsel :

– bagi pengguna pinsel Android Ice Cream Sandwich, silakan tekan tombol power dan volume secara bersamaan

-bagi pengguna Samsung Galaxy SIII, HTC One X, S dan V tekan tomol power dan home secara bersamaan

2. Telepon kontak dari Homescreen

jika ponsel Android anda belum menggunakan ICS maka anda dapat meletakkan shortcut kontak yang sering anda hubungi di homescreen. Caranya cukup tekan dan tahan jari anda pada homecreen hingga muncul pilihan shortcut masuk ke kontak dan pilih direct dial. Sementara bagi anda yang telah menggunakan  Ice Cream Sandwich maka anda cukup masuk ke halaman menu dan masuk ke widget serta memilih contact. setelah anda memilih nama contactnya, maka pada halaman homescreen akan muncul shortcut yang dapat anda pakai untuk panggilan langsung ke kontak yang dipilih tanpa harus repot-repot mencari nama yang ingin dihubungi terlebih dahulu

3. Kelola Widget dan Shortcut Aplikasi

jika anda suka mencoba-coba aplikasi baru maka anda mungkin akan mendapati homescreen anda tiba-tiba menjadi sesak dipenuhi widget atau shortcut aplikasi. Nah, sebagai solusinya anda dapat mematikan fitur auto add widget untuk setiap aplikasi yang baru selesai dipasang. Untuk mematikannya silakan masuk ke Play Storedan tekan menu untuk masuk ke setting. setelah itu jangan lupa untuk menghilangkan tanda centang kotak di sebelah tulisan auto-add widget

4. Tambahkan Icon Web di Homescreen

jika anda gemar membuka beberapa situs secara rutin setiap harinya, maka ada baiknya membuat shortcut secara langsung pada homescreen sehingga dapat lebih menghemat waktu . untuk menambahkan shortcut tertentu langsung pada halaman homescreen, silakan buka lebih dahulu halaman yang dimaksud serta tekan menu untuk menyimpan ke bookmark dengan kembali menekan menu dan pilih halaman yang tersimpan untuk kemudian anda tekan tahan beberapa saat hingga muncul pilihan add shortcut to home.

5. Tambahkan Signature Email

Setiap kali anda mengirim email, anda dapat menyertai email tersebut dengan signature yang menunjukkan dari perangkat apa email tersebut dikirimkan, Misalnya, anda dapat memasukkan signature seperti “sent from Samsung Galaxy SIII”. Berikut ini cara menambahkan signature pada email:

a. Buka aplikasi Mail dan tekan menu lalu pilih settings

b. Pilih akun email yang ingin anda tambahkan signature

c. Cari menu signature dan tuliskan signature yang anda yang akan anda buat

d. Tekan tombol OK untuk mengkonfirmasikan pembuatan signature

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s