4 SKANDAL DUNIA HIBURAN KOREA SEPANJANG 2013

scandal

Ketidak-beruntungan sepertinya awet menaungi industri hiburan di Korea pada tahun 2013 ini. Berbagai skandal mencuat lalu menyebar dengan luas. Muncul silih berganti di sepanjang tahun. Penasaran dengan top three di daftar skandal industri musik Korea?

Ada sajaegi. Apa itu? Sederhananya, sajaegi merupakan sebuah cara ilegal untuk menaikkan popularitas dan pembelian suatu lagu secara drastis. Di Korea sendiri terdapat 3-5 orang broker (makelar) aktif yang mengurusi bisnis ini. Untuk penyanyi atau grup pendatang baru dikenai harga $500.000 USD agar bisa mempertahankan posisi top 20 di situs-situs musik terkenal selama 4-5 hari sedangkan untuk mereka yang memiliki tingkat popularitas yang lebih tinggi harus merogoh $300.000 USD. Sebagai contoh, bila menggunakan cara ini, seorang penyanyi atau grup bisa melompat dari peringkat 160 ke peringkat 28 atau dari peringkat 260 ke peringkat 30.

Lalu ada tuduhan penjiplakan. Dari Crayon PopIU, sampai Primary. Isi tuduhannya beraneka macam. Tuduhan penjiplakan yang dialamatkan ke Crayon Pop ialah konsep kostum yang dianggap meniru Momoiro Clover Z dan permulaan lagu “Lonely Christmas” yang menurut J-CAST News Jepang sangat mirip dengan lagu tema anime “Lupin the Third”. Untuk IU, melodi lagu “Red Shoes” yang dinyanyikannya dituding menjiplak “Here’s Us” milik Nekta. Sedangkan Primary, karyanya “I Got C” dituduh menjiplak karya Caro Emerald yang berjudul “Liquid Lunch”. Tidak hanya lagu, ia juga dituduh meniru video musik milik artis yang sama.

Diss battle menjadi penutup top three. Dimulai oleh Swings lalu berlanjut ke E-Sens,Gaeko, dan Simon DRapper saling serang-menyerang dengan lirik berirama Hip Hop, membuat para fans yang ikut mendengarkan mencoba mengartikan apa maksud dari lirik lagu-lagu mereka.

Selain ketiga skandal tersebut, ada satu skandal lain yang sempat hangat dibicarakan masyarakat. Tidak lain dan tidak bukan, dating scandal! Contohnya, Kim Tae Hae –RainSulli – ChoizaKim Do Yeon – L, dan Suzy – Sung Joon. Berbagai foto, pembelaan dari agency, serta respon fans menyebar dengan cepat dan membanjiri banyak situs. Ada yang memberi selamat tapi juga tidak sedikit yang tidak menyetujui. Banyak skandal, banyak sensasi, tapi toh hingga kini K-Pop tetap banyak yang menikmati ;).

Source : netizenbuzz

Indotrans : lilulalelo@koreanindo.net

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s