Tips menghemat baterai BlackBerry

Masalah yang sering sekali ditemukan pada smartphone adalah baterai yang cepat terkuras. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, seperti sistem yang semakin rumit hingga transaksi data yang aktif setiap saatnya. Salah satu smartphone favorit di tanah air mempunyai predikat boros baterai. Tapi tentu saja ada solusi untuk meminimalisir borosnya baterai BlackBerry. Berikut tipsnya:

1. Ubah jaringan ke 2G

Ketika kita tidak membutuhkan koneksi kecepatan tinggi, sebaiknya ubah jaringan 3G ke 2G. Kita akan tetap mendapatkan update seperti email masuk atau pemberitahuan lain di jaringan 2G ini, namun transfer rate yang rendah pada 2G tetntu saja membutuhkan daya yang lebih rendah. Selain itu, jaringan 2G biasanya ebih stabil daripada 3G.

2   Pilih operator yang tepat

Usahakan untuk memilih operator yang memiliki jaringan paling stabil di daerah kita. Ini bisa terlihat dari kuat/tidaknya sinyal. Jika anda menggunakan operator yang emiliki jaringan yang buruk atau sulit mendapatkan sinyal akan memaksa ponsel untuk mencari sinyal yang akan membutuhkan banyak daya dari baterai

3.  Atur kecerahan layar

Daya besar yang digunakan untuk layar adalah untuk menghidupkan backlight layar yang mempengaruhi tingkat kecerahan. Semakin tinggi tingkat kecerahan, semakin tinggi pula daya yang digunakan.

4.  Gunakan fitur auto on-off

Smartphone BlackBerry dilengkapi fitur auto on/off secara deafault fitur ini memungkinkan kita untuk mengatur agar BlackBerry hidup atau mati pada waktu yang ditentukan. Selain dapat digunakan agar tidak mengganggu waktu istirahat anda, fitur ini juga membuat BlackBerry tidak menggunakan daya saat yang tidak diperlukan, misalnya ditengah malam.

5.  Gunakan tema bawaan

Smartphone BlackBerry memiliki banyak sekali pilihan tema menarik yang siap di unduh dari AppWorld. Banyak juga tema yang menggunakan wapaper animatif dengan gambar bergerak yang beberapa dapat didapatkan secara gratis. Namun, menggunakan walpaper bergerak membuat pekerjaan posel semakin meningkat dan membutuhkan daya yang lebih besar.

Demikianlah yang admin bisa share, mian kalo cuma sedikit karena admin nggak pakai BB, yah ini setau aku secara general aja. Terima kasih🙂

One thought on “Tips menghemat baterai BlackBerry

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s